Artificial Intelligence, Kecerdasan Buatan

NQueens
NQueens. Sumber gambar: bitthelizard.com


Kecerdasan Buatan atau lebih dikenal dengan AI (Artificial Intelligence) adalah kuliah mempelajari konsep program yang bisa mengambil keputusan sendiri (agen) atau di bukunya disebutkan "berpikir seperti manusia". Beban 3 sks.

Di sini akan dipelajari teori dasar, seperti apa itu agen, environment, sensor, action, percept dan bagaimana membuat code-nya. Lalu akan dipelajari macam-macam agen, misalnya simple reflex agents, model-based reflex agents, goal-based agents, utility-based agents dan perbedaan-perbedaannya.



Water jug problem. Sumber gambar: cs-lmu.edu


Tidak lupa ada algoritma-algoritma bagaimana agen bertindak. Misalnya:

    - Uninformed Search
    Breadth-First Search
    Uniform-cost Seach
    Depth-first Search
    Depth-limited Search
    Iterative-deepening depth-first Search 

    - Informed Search (Heuristic Search)
    Greedy best-first Search
    A* Search
   
- Local Search
Hill-climbing Search
Simulated annealing
Genetic Algorithm
Constraint Satisfication Problem 


Genetic Programming
Genetic Programming. Sumber gambar: geneticprogramming.com


Dsb di bukunya lebih banyak lagi :D

Algoritma-algoritma di atas biasanya diterapkan di kasus-kasus seperti N-Queens Problem, Water Jug Problem, Path Search, Wumpus World, Map Coloring, Scheduling Problem, dsb yang jelas masih banyak :D


Wumpus World
Wumpus World. Sumber gambar: gamestudio.org

Post a Comment

Semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua
Tinggalkan Komentar Jikar Perlu :D

Previous Post Next Post

Formulir Kontak