NQueens. Sumber gambar: bitthelizard.com
Kecerdasan Buatan atau lebih dikenal dengan AI (Artificial Intelligence)
adalah kuliah mempelajari konsep program yang bisa mengambil keputusan
sendiri (agen) atau di bukunya disebutkan "berpikir seperti manusia".
Beban 3 sks.
Di sini akan dipelajari teori dasar, seperti apa itu agen, environment,
sensor, action, percept dan bagaimana membuat code-nya. Lalu akan
dipelajari macam-macam agen, misalnya simple reflex agents, model-based
reflex agents, goal-based agents, utility-based agents dan
perbedaan-perbedaannya.
Water jug problem. Sumber gambar: cs-lmu.edu
Tidak lupa ada algoritma-algoritma bagaimana agen bertindak. Misalnya:
- Uninformed Search
Breadth-First Search
Uniform-cost Seach
Depth-first Search
Depth-limited Search
Iterative-deepening depth-first Search
- Informed Search (Heuristic Search)
Greedy best-first Search
A* Search
- Local Search
Hill-climbing Search
Simulated annealing
Genetic Algorithm
Constraint Satisfication Problem
Genetic Programming. Sumber gambar: geneticprogramming.com
Dsb di bukunya lebih banyak lagi :D
Algoritma-algoritma di atas biasanya diterapkan di kasus-kasus seperti
N-Queens Problem, Water Jug Problem, Path Search, Wumpus World, Map
Coloring, Scheduling Problem, dsb yang jelas masih banyak :D
Wumpus World. Sumber gambar: gamestudio.org
Tags
Kuliah